inilah garut

Mengungkap Fakta Dengan Berita

Bupati Garut Rudy Gunawan Pimpin Deklarasi Damai Jelang Pemilu 2024

INILAHGARUT.COM, Tarogong Kidul – Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengambil peran penting dalam Deklarasi Damai Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Garut. Deklarasi ini berlangsung usai mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang disiarkan melalui siaran televisi dalam dalam Rapat Paripurna DPRD Garut, di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, pada Rabu (16/8/2023).

Dalam sambutannya Bupati Rudy Gunawan mengungkapkan bahwa Deklarasi Damai memiliki makna penting sebagai bagian dari tahapan pemilu legislatif, pemilu Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan pemilihan presiden pada tahun 2024.  Ia menekankan komitmen untuk menjalankan pemilu dengan damai dan demokratis, serta menghormati siapapun yang terpilih sebagai perwujudan dari hak kedaulatan rakyat dalam demokrasi.

“Hari ini marilah kita bersama-sama sebagai warga Garut berkomitmen untuk mengadakan pemilu yang damai, demokratis,” ucapnya.

Rudy menyatakan, bahwa Kabupaten Garut telah berhasil menyelenggarakan sejumlah proses pemilu sebelumnya tanpa kendala berarti. Dia meyakini bahwa hal ini menunjukkan kedewasaan semua pihak dan pemahaman bahwa demokrasi adalah hak asasi yang perlu dihormati.

“Kita berkomitmen untuk apapun yang terjadi, partai mana pun yang dipercaya masyarakat, siapapun di dapil orang yang dipercayai masyarakat, itu akan diterima sebagai keputusan demokrasi, yang telah dilaksanakan sesuai ketentuan perundang-undangan,” tuturnya.

Selain itu, Bupati Rudy menjelaskan bahwa anggaran untuk pemilu legislatif, presiden, dan pemilihan kepala daerah telah dipersiapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Kolaborasi dengan Gubernur Jawa Barat juga telah terjalin untuk pemilihan kepala daerah.

Terkait dukungan finansial, Kabupaten Garut juga telah mengalokasikan hibah sekitar 79 miliar rupiah kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, yang akan dihibahkan sesuai peraturan yang berlaku.

“Untuk pembayaran ke KPU sudah kami sediakan, sudah disetujui DPRD dalam KUA-PPAS, jadi untuk anggaran baik untuk anggaran KPU, Bawaslu, dan keamanan sudah kami sediakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Atas nama Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk MUI Kabupaten Garut, organisasi Islam, organisasi kepemudaan, TNI, Polri, dan semua pihak, untuk menjaga kelancaran pelaksanaan pemilu di wilayah tersebut. Dia menyakinkan bahwa pemilu tahun 2024, baik legislatif, presiden, maupun kepala daerah, akan berjalan aman di Kabupaten Garut dengan dukungan dan partisipasi semua pihak.

“Dan juga tentu dibantu oleh seluruh lapisan ormas-ormas Islam dan seluruh masyarakat akan menjadi saksi bahwa insha Allah pemilu 2024 baik legislatif, presiden, maupun kepala daerah akan berlangsung dengan aman di Kabupaten Garut,” tandasnya.

>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini