inilah garut

Mengungkap Fakta Dengan Berita

Kualitas Pembangunan Jalan Lapen di Desa Cigaronggong Cibalong Garut Jadi Sorotan Warga

INILAHGARUT.COM, Cibalong – Pemerintah Desa Cigaronggong, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, tengah melaksanakan pembangunan jalan dengan metode lapen di Dusun Gunung Gadun. Dengan volume sepanjang 700 meter dan lebar 2,5 meter, pembangunan jalan tersebut menelan anggaran sebesar Rp 212,435,000 yang bersumber dari Dana Desa tahap kedua. Senin, (18/09/2023)

Namun, sejak awal pembangunan, kualitas jalan lapen tersebut mendapat kritik tajam dari masyarakat setempat. Mereka menilai kualitas jalan yang dibangun tidak memadai. Mengenai hal ini, awak media pun turun langsung ke lokasi untuk melakukan klarifikasi dengan kepala desa, Supardin.

Menurut Kades Supardin, pemilihan metode lapen untuk pembangunan jalan tersebut didasari oleh keinginan cepatnya penyelesaian pekerjaan. “Kami memilih lapen untuk mempercepat proses pembangunan. Jika menggunakan beton atau cor, pekerjaan akan memakan waktu lebih lama dan berpotensi menghambat lalu lintas. Di sini, hanya ada satu jalur yang bisa dilewati baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat,” jelasnya.

Supardin mengakui bahwa idealnya pembangunan jalan menggunakan lapen harus dikerjakan oleh tenaga ahli di bidang tersebut. Namun, mengingat permintaan masyarakat yang ingin terlibat langsung dalam pekerjaan, pihaknya memberikan kesempatan tersebut. “Kami menghormati keinginan masyarakat kami. Namun, untuk proyek mendatang, kami berencana menggunakan metode rabat beton agar kualitasnya lebih baik,” tambahnya.

Kades Supardin menegaskan komitmennya untuk terus memperbaiki kualitas infrastruktur di desanya. “Apabila terdapat bagian jalan yang kurang baik, kami, selaku pemerintah desa, akan segera memperbaikinya. Tujuan utama kami adalah untuk memastikan kesejahteraan dan kemajuan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.¬†(Dea¬†Islami)

>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini