inilah garut

Mengungkap Fakta Dengan Berita

Masyarakat Sekitar Pantai Sayangheulang Berbondong Tangkap Ratusan Kilo Gram Ikan Yang Berhamburan Di Tepi Pantai

INILAHGARUT.COM, PAMEUNGPEUK –  Warga Masyarakat Santolo dan warga Masyarakat Pamengpek Kab Garut Berbondong – Bondong ke Pantai Sayang Heulang / Santolo Dan Pantai Karang Papak untuk menangkap rombongan ikan yang berhamburan di bibir pantai Selatan. Selasa, (15/08/2023)

Masyarkat yang datang dengan membawa berabagai alat dan wadah untuk ikan tak hanya mendapat satu kilo, bahkan yang mereka dapatkan ada yang mencapai 30 kilo dan ada yang dapat 60 kilo gram per orang.

Ada salahsatu warga masyarakat yang bernama Ade waktu di tanya awak media kenapa ikan tersebut bisa sampai berhamburan ke tepi pantai, dia berkata “ini sudah terbiasa hampir setiap tahun ada, di karenakan ini perubahan cuaca,” ungkap warga.

Fenomena ikan yang berhamburan ke tepi pantai yang di klaim warga karena perubahan cuaca ini sebenarnya dapat di jelaskan Berikut adalah beberapa cara bagaimana perubahan cuaca dapat mempengaruhi ikan:

1. Badai dan Topan: Angin kencang dan gelombang besar yang dihasilkan oleh badai atau topan dapat mendorong ikan ke arah pantai. Selain itu, perubahan tekanan yang cepat yang terjadi saat badai dapat mempengaruhi organ dalam ikan yang disebut kantong renang, yang membantu ikan mengatur kedalaman. Ini bisa membuat ikan kesulitan berenang dan mengarahkannya ke permukaan atau ke tepi pantai.

2. Perubahan Suhu Air: Ikan biasanya sensitif terhadap perubahan suhu. Ketika ada perubahan suhu yang mendadak, terutama jika air menjadi terlalu panas atau terlalu dingin, ikan mungkin berenang ke daerah lain mencari suhu yang lebih sesuai. Dalam kasus tertentu, mereka mungkin berenang mendekati pantai.

3. Perubahan Salinitas: Hujan lebat, khususnya dari badai atau topan, dapat mengakibatkan penurunan salinitas di permukaan laut karena masuknya air tawar ke laut. Ikan yang sensitif terhadap salinitas mungkin berenang mendekati pantai atau permukaan air sebagai respons terhadap perubahan ini.

4. Aliran Arus: Perubahan cuaca yang drastis dapat mempengaruhi arus laut. Arus yang kuat atau tidak biasa mungkin mendorong ikan lebih dekat ke pantai daripada biasanya.
Ketika ikan berhamburan ke pantai, selain perubahan cuaca, penting juga untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi peristiwa tersebut, seperti perubahan lingkungan, aktivitas manusia, atau kondisi kesehatan ikan. Dalam banyak kasus, kombinasi dari beberapa faktor ini dapat menyebabkan ikan berhamburan ke tepi pantai.
(Dea Islami)

>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini