inilah garut

Mengungkap Fakta Dengan Berita

Pangdam III/Siliwangi Resmikan Maung Cold Storage Di Wilayah Garut Bagian Selatan

INILAHGARUT.COM, Cikelet РPangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, meresmikan Maung Cold Storage di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Selasa (6/6/2023). Peresmian ini turut dihadiri jajaran dari Pemerintah Kabupaten Garut dan salah seorang aktor terkemuka, yaitu Epy Kusnandar.

Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menerangkan, bahwa Maung Cold Storage ini memang sudah direncanakan sejak beberapa bulan yang lalu, yang bertujuan meningkatkan hasil produk sumber daya kelautan khususnya di wilayah Garut bagian selatan.

“Yang di mana kita perlu membuat suatu wujud kolaboratif dari persoalan-persoalan masyarakat nelayan,” ucapnya.

Pihaknya mencoba membuat alternatif dari program yang sudah ada di pemerintah daerah, di mana sebelumnya terdapat masukan dan saran mengenai hasil produk nelayan yang tidak bisa dijual ke luar daerah karena kualitasnya yang kurang.

“Ternyata ada masukan saran untuk hasil produknya nelayan ini nilainya kurang untuk bisa dijual ke luar daerah, karena tidak ada tempat yang bisa membuat ikan ini awet, sehingga kita sepakat kita membangun cold storage,” katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya cold storage ini, pihaknya sudah berkomitmen dengan pemerintah dan masyarakat sekitar dalam hal pemeliharaan cold storage kedepannya.

“Kedua kita harus pembagian yang jelas pada masyarakat, mereka ini butuh lapangan pekerjaan, jadi yang terakhir kita harus ada edukasi berkelanjutan, jadi masyarakat di sini apalagi SMK sini punya potensi alam harus punya kader kelautan,” katanya.

Di tempat yang sama, Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra), Bambang Hafidz, menyampaikan, bahwa Maung Cold Storage ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Garut khususnya di wilayah bagian selatan. Maung Cold Storage ini merupakan kolaborasi antara Kodam III/Siliwangi dengan SMKN 5 Garut.

“Ya tentu harapan bahwa ini berkelanjutan, prosesnya maupun hasilnya bagi masyarakat dan juga sekolah di SMKN 5 ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 5 Garut, Iwan Sopiansah, mengatakan bahwa SMKN 5 Garut merupakan SMK Kelautan yang memiliki 5 jurusan diantaranya yaitu Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Nautika Kapal Penangkap Ikan, Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan, dan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL).

“Saya mengapresiasi dengan hadirnya pemain preman pensiun, pemain-pemain film lainnya adalah memberi motivasi untuk anak-anak sekolah ke SMK,” katanya.

Ia mengatakan, cold storage ini adalah bagian dari suatu proses pengolahan perikanan, guna menjaga agar ikan tersebut dapat tetap segar, kuat, dan tahan lama.

Dengan adanya cold storage ini, imbuhnya, dapat membantu sekaligus mendorong anak-anak di SMKN 5 Garut untuk mengolah hasil perikanan menjadi lebih baik.

“Tentu harapannya kami bisa bersinergi lebih bagus lagi, bagaimana memanfaatkan cold storage ini menjadi bagian tidak terpisahkan dari pengembangan sekolah,” tandasnya.

>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini