inilah garut

Mengungkap Fakta Dengan Berita

Parade Unik di Garut Meriahkan HUT RI ke-78

INILAHGARUT.COM, GARUT KOTA РSejumlah kelompok masyarakat dan instansi pemerintahan mengikuti parade yang mempertunjukkan berbagai hal unik dan menarik dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (17/8/2023).

Peringatan HUT RI tingkat Kabupaten Garut itu dipusatkan di Alun-alun Garut yang diawali dengan upacara pengibaran bendera yang dihadiri berbagai kalangan seperti TNI, Polri, instansi pemerintahan, organisasi masyarakat, komunitas, maupun tokoh masyarakat.

Usai upacara, langsung dilaksanakan kegiatan parade yang dipusatkan di wilayah perkotaan di Jalan Ahmad Yani, tidak jauh dari Alun-alun Garut.

Parade tersebut menampilkan keunikan dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kepolisian, TNI, sekolah, maupun dari kelompok masyarakat.

Pertunjukan unik juga ditampilkan dari komunitas seniman dan budayawan dengan karya-karya uniknya seperti jempana, barongan, maupun penampilan yang menggambarkan perjuangan kemerdekaan.

Bupati Garut Rudy Gunawan yang hadir dalam parade memperingati kemerdekaan RI mengatakan, kemeriahan tidak hanya digelar di perkotaan Garut, tapi dilaksanakan juga di tingkat kecamatan, desa, maupun RT/RW di kabupaten ini.

“Hari ini 4 ribu kemeriahan di tingkat RW, dan 12 ribu tingkat RT, semuanya kita ingin ada kegembiraan,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agus Ismail menambahkan, kegiatan parade itu melibatkan banyak pihak, terutama dari kalangan budayawan, seniman, dan masyarakat yang menampilkan berbagai karya unik.

“Banyak yang dilibatkan untuk memeriahkan HUT kemerdekaan Indonesia ini, ada dari berbagai kalangan seperti pelaku wisata, seniman, ada juga budayawan,” katanya.

Salah seorang warga Kabupaten Garut yang menyaksikan parade peringatan HUT RI, Badhi mengatakan, setiap tahun selalu hadir untuk melihat parade karena banyak yang unik dan menarik.

Menurut dia, parade harus terus dilaksanakan, bila perlu lebih meriah lagi dengan menampilkan sesuatu yang lebih unik seperti menampilkan berbagai keragaman seni daerah yang ada di Kabupaten Garut.

“Peringatan kemerdekaan Indonesia dengan cara parade ini harus terus dilaksanakan setiap tahun, jangan sampai tidak dilaksanakan, karena ini bisa menyatukan masyarakat,” katanya.

 

>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini