inilah garut

Mengungkap Fakta Dengan Berita

Pemdes Mekarhurip Sukawening Garut salurkan ternak kambing Demi Menunjang ketahanan pangan Warga

Garut,inilahgarut.com – Pemerintah Desa Mekarhurip kecamatan Sukawening Kabupaten Garut menyalurkan bantuan ternak 20 bibit kambing bagi masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan desa.

“Kami gunakan Dana Desa untuk kepentingan ketahanan pangan nabati dan hewani,” kata Kepala Desa Mekarhurip Supriatna ,kamis (25/04/2024).

Bantuan 20 bibit kambing diberikan pemerintah desa kepada 5 kelompok keluarga penerima manfaat yang belum pernah menerima bantuan langsung program tersebut.

Jumlah itu, ujar dia, disesuaikan dengan alokasi 20 persen dana desa untuk kepentingan ketahanan pangan nabati dan hewani.

“Sebanyak 20 persen dari dana desa kurang lebih sekitar Rp 400 juta di alokasikan untuk ketahanan pangan, diantaranya Rp 59 juta itu untuk ketahanan pangan ternak kambing ,selebihnya untuk kegiatan fisik jalan usaha tani jadi total yang digunakan sebesar Rp 400 juta,” kata Supriatna

Disebutkan, program ketahanan pangan desa sendiri merupakan bagian dari program ketahanan pangan nasional untuk mendukung ketersediaan pasokan dan stabilitas harga bahan pangan.

Selain itu, ujar dia, program yang terkait dengan penguatan ketahanan pangan itu dapat bertujuan pula untuk mengendalikan inflasi dan menjaga daya beli masyarakat, khususnya warga desa.

Lewat program itu, masih menurut dia, masing-masing penerima manfaat mendapatkan 5 ekor kambing yakni satu jantan dan 4 betina yang disalurkan dalam satu tahap.

Kami berharap kambing ini dapat berkembangbiak dengan baik sehingga dapat meningkatkan ekonomi dari keluarga penerima bantuan,” kata Supriatna.

Ia juga mengemukakan, penggunaan dana desa adalah diprioritaskan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas hidup dan penanggulangan kemiskinan.

Hadir dalam kegiatan pemberian bantuan ternak kepada warga di antaranya BPD,LPM ,TPKD, dan satpol dari kecamatan Sukawening. (***)

>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini