inilah garut

Mengungkap Fakta Dengan Berita

Portal Paten di Jalan Usaha Tani Ciceret Ds Cigaronggong Menuai Keluhan Pelaku Usaha Tani

CIBALONG, inilahgarut.com – Pelaku usaha tani berinisial “A” (32 tahun) dari Desa Mekarsari, Kecamatan Cibalong, mengungkapkan keluhannya atas portal paten yang dipasang di Jalan Usaha Tani (JUT) Ciceret, Desa Cigaronggong. Portal tersebut membuatnya tidak dapat beraktivitas muat kayu hasil pembelian dari kebun milik warga setempat.

Jalan yang sebelumnya telah dibangun pada awal tahun 2024 dari program bankeudes provinsi sebesar 500 juta rupiah, kini dipasangi portal paten sehingga tidak dapat dilalui oleh mobil angkutan kayu. Padahal, jalan tersebut telah menjadi akses utama mobilisasi muat angkut kayu dan hasil pertanian lainnya oleh masyarakat.

Pelaku usaha kayu “A” merasa dirugikan karena harus mengeluarkan pengeluaran modal lebih besar untuk mengangkut kayu dengan mobil pickup yang kapasitas muatnya lebih kecil, karena mobil jenis cold diesel tidak dapat digunakan langsung. Bahkan, sebelumnya “A” juga telah berkontribusi dengan melakukan perbaikan pelebaran jalan secara manual agar akses jalan tetap lancar.

Selain merasa dirugikan atas tidak bisa digunakannya jalan tersebut, “A” dan masyarakat lainnya heran dengan pembangunan portal paten di jalan yang sebelumnya dibangun dengan anggaran besar. Mereka menyayangkan bahwa jalan yang seharusnya dapat digunakan untuk kepentingan warga desa, khususnya untuk aktivitas perekonomian hasil pertanian, sekarang menjadi tidak dapat diakses.

Keluhan ini menunjukkan perlunya koordinasi yang lebih baik antara pemerintah desa dan pihak terkait dalam pengelolaan infrastruktur, agar pembangunan dapat berdampak positif bagi masyarakat secara keseluruhan.

>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini