inilah garut

Mengungkap Fakta Dengan Berita

Program Harum Madu di Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut: Kontroversi Manfaat yang Tak Dirasakan Warga

CIBALONG, inilahgarut.com – Program Harum Madu yang diimplementasikan di setiap desa di wilayah Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan warga sekitar. Meskipun program ini seharusnya menjadi pilar dalam mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat, namun terdapat keprihatinan karena hanya dimiliki oleh pihak pengelola.

Salah satu warga, dengan inisial U, menyampaikan kekecewaannya kepada awak media, “Ketika ingin merasakan hasil program tersebut, ternyata meminta hasil cabenya pun tidak diizinkan. Apakah ini program untuk masyarakat atau program untuk kepentingan pribadi?” tanya warga tersebut.

Pertanyaan mengenai ketidaktepatan program ini bukan hanya berasal dari masyarakat, melainkan juga disuarakan oleh lembaga dan forum Ruang Kita, sebuah wadah diskusi yang aktif di wilayah Kecamatan Cibalong. Program Harum Madu seringkali menjadi topik perbincangan di forum tersebut, dengan catatan bahwa manfaatnya tidak terasa oleh masyarakat setempat.

Kontroversi semakin meruncing ketika warga meragukan apakah program ini benar-benar memberikan manfaat langsung kepada mereka atau hanya sebagai tanaman hias yang mempercantik halaman. Pihak pemerintahan terkait diminta untuk secara serius meninjau lapangan dan mengevaluasi efektivitas program ini agar benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat.

Kejelasan dan keterbukaan dari pihak pengelola program serta evaluasi mendalam dari pemerintahan terkait diharapkan dapat membuka jalan menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan program ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Cibalong. (Dea)

>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini