inilah garut

Mengungkap Fakta Dengan Berita

Program KALAJU dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Dorong Kemajuan Ekonomi Kampung Nelayan di Garut

INILAHGARUT.COM, Cibalong –  Senin 25 September 2023 – Program KALAJU (Penataan Kampung Nelayan Maju) dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Tahun Anggaran 2023 telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 575.000.000 untuk pembangunan jalan produksi dan jalan lingkungan di Kampung Yayasan, Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut.

Pelaksanaan program ini diemban oleh Pokmas Mina Sempati dengan metode swakelola tipe IV. Adapun bentuk pembangunan yang dikerjakan adalah pembuatan jalan dengan metode Rabat Beton.

Pemberitaan ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat. “Adanya program ini memang sangat kami nantikan. Ini akan memberikan dorongan signifikan bagi perekonomian kami di kampung nelayan,” ungkap salah satu warga Kampung Yayasan.

Sebagai figur penting dalam komunitas nelayan, Abah Nelayan juga memberikan perspektifnya. “Kami sangat berterima kasih dengan adanya program ini. Namun, ke depannya kami berharap Kementrian Kelautan dan Perikanan bisa menggulirkan lebih banyak program serupa, khususnya yang berkaitan dengan peningkatan fasilitas dan alat nelayan. Banyak dari kami yang masih kesulitan mendapatkan alat penunjang yang memadai,” tuturnya.

Dari sisi hukum, program semacam ini harus dilaksanakan dengan transparansi dan akuntabilitas. Menurut Dr. Reza Pratama, ahli hukum tata kelola pemerintahan, “Program pemerintah seperti KALAJU tentunya memiliki dampak positif bagi masyarakat, tetapi harus dijalankan dengan integritas dan kejelasan. Setiap tahapan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pertanggungjawaban harus dilakukan dengan transparan untuk mencegah potensi penyalahgunaan anggaran.”

Dengan adanya program KALAJU, diharapkan kesejahteraan masyarakat Kampung Yayasan, khususnya para nelayan, dapat meningkat. Sementara itu, pemerintah juga diharapkan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas program serupa di masa mendatang. (Dea Islami)

>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini