inilah garut

Mengungkap Fakta Dengan Berita

Sosialisasi Pengawasan Pastisipatif Pemilu Serentak 2024 , Panwaslucam Pangatikan Tekankan Masyarakat Terlibat Aktif

Garut,inilahgarut.com – Kasi bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Pangatikan, Asep nugraha S.sos mewakili Camat Pangatikan menghadiri Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Kepada Masyarakat. Sosialisasi yang digelar Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan Pangatikan itu dilaksanakan di gedung jalan desa Sukarasa Kamis, 11 juli 2024.

Dari laporan Pelaksana kegiatan kepala sekretariatan Panwaslu kecamatan Pangatikan yang disampaikan Yosep Permana SIP, sosialisasi itu dilatarbelakangi Panwaslucam sebagai lembaga yang mempunyai mandat untuk mengawasi proses pemilu, membutuhkan dukungan banyak pihak dalam aktifitas pengawasan.

Panwaslu mengajak segenap kelompok masyarakat untuk terlibat dan berpartisipasi dalam setiap tahapannya (pemilu).
“Keterlibatan masyarakat tidak hanya sekedar datang dan memilih, tapi juga melaksanakan pengawasan atas potensi adanya kecurangan yang terjadi serta melaporkan kecurangan tersebut kepada Panwaslu sebagai lembaga yang bertugas mengawasi proses pemilu dan menindaklanjuti dugaan pelanggaran pemilu di kecamatan Pangatikan “, ungkapnya.

Lanjutnya, sosialisasi itu juga dimaksudkan memperkenalkan Panwaslu kepada masyarakat untuk lebih mengenal, memahami tugas dan kewenangan Panwaslu, agar terjalin hubungan antara Panwaslu dengan masyarakat untuk bersama sama menekan potensi pelanggaran pemilu untuk menciptakan pemilu yang berintegritas dan demokratis ,” imbuhnya

“Komisioner Panwaslu cam Kecamatan Pangatikan bidang P2HM ( penanganan dan Pencegahan hubungan masyarakat ) , Neng Evi Pisanti dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemilu adalah hak kita, karena memalui pemilihan umum, kita, masyarakat bisa hadir untuk mengimplementasikan, mewujudkan kedaulatan negara.
Kenapa ?, karena melalui pemilu ini masyarakat dengan bebas sesuai dengan pilihan masing-masing tanpa intimidasi tanpa mobilisasi hadir untuk memilih siapa yang dianggap sebagai pemimpin kedepan.

Menurutnya, pemilu serentak tahun 2024 kaitan dalam Pilkada adalah repsentasi dan implementasi dari kedaulatan rakyat maka pemilu ini mesti dijaga sama-sama oleh semua masyarakat termasuk forum warga yang hadir ini sehingga
‘Pemilu kita ini harus menghadirkan pemilu yang damai dan kondusif, seperti orang yang berpesta, senang, gembira, ada kesejukan. Tapi didalam itu juga ada kualitas yang harus kita jaga bersama”, jelasnya.

“semua elemen masyarakat, ayo kita semua sama-sama kawal prosesnya, bukan hanya hasil, tapi mulai dari proses harus kita kawal karena hasil itu lahir dari sebuah proses jika prosesnya baik maka insya Allah akan menghasilkan yang baik”, jelasnya.

“Sementara itu, Danramil 1103/Scr Kapten Muji Rahayu dalam sambutanya , mengungkapkan bahwa kita Fotkopimcam sangat dukung dan apresiasi sosialisasi pengawasan partisipatif yang digelar Panwaslu kecamatan Pangatikan ini,lanjutnya dikatakan Danramil, sebagaimana yang selalu ditekankan pimpinan kita institusi TNI dan Polri betul-betul harus memperlihatkan dan menunjukkan sikap netralitas terhadap pelaksanaan pemilu.
“In Sya Allah, jika semua TNI ,Polri dan juga ASN memberikan contoh dan menjadi tauladan yang baik, semua (masyarakat) akan meneladani kita,olehnya itu kita sangat berharap pelaksanaan pemilu di kecamatan Pangatikan ini bisa berjalan dengan aman, luber dan jurdil sehingga perwujudan demokrasi bisa berjalan dengan baik”, jelasnya.

Hadir pula pada kegiatan itu komisioner Bawaslu kabupaten Garut Yusup pirdaus, unsur Forkopimcam Pangatikan ,Panwaslu kecamatan dan jajarannya, utusan tokoh masyarakat ,organisasi kemasyarakatan,forum warga dan awak media serta undangan lainnya ( irwi  )

>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini