inilah garut

Mengungkap Fakta Dengan Berita

Uniga Terjunkan 1.298 Mahasiswa KKN Tematik Di 9 Kecamatan Wilayah Selatan Kabupaten Garut

INILAHGARUT.COM, Tarogong Kidul¬†– Universitas Garut (Uniga) menggelar acara Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Uniga Tahun 2023 dengan tema “Tingkatkan Potensi Sumber Data Desa untuk Mewujudkan Keluarga Sejahtera”, yang dilaksanakan di Sport Hall R.A.A Adiwijaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (06/07/2023).

Dalam kegiatan ini, hadir sebagai pemateri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Garut, Didit Fajar Putradi, memaparkan Potensi Wilayah Kabupaten Garut.

Dalam paparannya ia menyampaikan beberapa hal salah satunya yakni terkait dengan core business Kabupaten Garut yakni pertanian dan pariwisata, di mana sektor pertanian merupakan penghasil kontribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tertinggi di Kabupaten Garut dengan angka 37.97.

Saat diwawancara oleh awak media, Didit mengatakan jika program KKN ini merupakan agenda yang sangat menarik, karena melalui kegiatan tersebut Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Garut menjadi sangat terbantu.

Terlebih, peserta KKN Tematik Uniga tahun ini akan dikonsentrasikan di 9 kecamatan yang ada di wilayah selatan Kabupaten Garut, dan diharapkan mampu menambah nilai guna manfaat bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut.

“Tentu sinergi antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan KKN terlebih sekarang mah KKN-nya KKN tematik ya, tentu menjadi sesuatu yang akan membawa nilai guna manfaat bagi Pemerintah Kabupaten Garut,” ujar Didit.

Ia berpesan kepada para peserta yang akan melaksanakan KKN untuk berkomunikasi dengan pemimpin formal yang ada di lapangan seperti camat, kepala desa. Selain itu, ia juga berpesan agar para peserta mampu mengumpulkan data dan informasi terkait daerah yang akan menjadi lokasi KKN, sehingga itu nantinya bisa menjadi bahan penting bagi program kerja mahasiswa KKN di lapangan.

“Tentu akan ada manfaatnyalah untuk masyarakat di desa itu, mengungkit kemajuan apakah itu ekonomi, kebudayaan, kesenian, dan sebagainya,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Uniga, Abdusy Syakur Amin, menuturkan jika KKN ini merupakan salah satu kewajiban yang harus diikuti oleh mahasiswa Universitas Garut. Ia mengungkapkan melalui KKN ini merupakan salah satu upaya pihaknya untuk memberikan dan meningkatkan kemampuan _soft skill_ dari mahasiswa Uniga.

“Karena di situ lebih _emphasizing_-nya (atau) penekanannya pada bagaimana mahasiswa mampu berkolaborasi, baik di internal mahasiswa, jadi satu kelompok itu terdiri dari berbagai macam mahasiswa dengan berbagai macam latar belakang,”tutur Syakur.

Syakur menuturkan, pembekalan KKN kali ini dilakukan 20 hari sebelum penyelenggaraan, dengan tujuan agar para mahasiswa bisa mulai dari sekarang menginventarisasi permasalahan yang ada di lokasi KKN.

“Sehingga nanti pada saat 26 (Juli) itu, mereka sudah siap dengan berbagai macam program yang akan mereka laksanakan di tempat mereka masing-masing melaksanakan KKN,” papar Syakur.

KKN tahun ini, imbuh Syakur, dalam 1 kelompok akan diisi 16 mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas di Universitas Garut, dan akan dibimbing oleh 2 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), di mana dengan jumlah itu, diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan. Sehingga kolaborasi antara mahasiswa, pembimbing lapangan, dengan pemerintah setempat, dengan masyarakat, tokoh ulama, tokoh pemuda, tokoh agama juga bisa dikristalisasi dalam pembangunan tersebut.

“Bahwa ini bicara fokus pada kemiskinan, pengentasan kemiskinan karena ini masih menjadi masalah yang masih ada,dan menurut saya juga ini harus diprioritaskan, karena kita juga melihat bahwa dampak kemiskinan ke mana-mana, ke pendidikan, ke kesehatan, ya pasti juga ke ekonomi sendiri kan,” tandasnya.

Rencananya kegiatan KKN Tematik Uniga Tahun 2023 ini akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Juli 2023 sampai dengan 26 Agustus 2023, dengan jumlah peserta yang tercatat adalah 1.298 orang yang terbagi dalam 81 kelompok/desa, dengan kurang lebih 148 DPL.

Adapun 9 kecamatan yang menjadi lokasi KKN Tematik Uniga Tahun 2023 yaitu :
1. Kecamatan Talegong
2. Kecamatan Cisewu
3. Kecamatan Bungbulang
4. Kecamatan Cisompet
5. Kecamatan Mekarmukti
6. Kecamatan Cibalong
7. Kecamatan Pameungpeuk
8. Kecamatan Cikelet
9. Kecamatan Caringin

>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini